Rabu, 14 Oktober 2009

Lifestyle Phenomenons this Millenium

Fenomena-fenomena di millennium ini.
1. Healthy life style
2. Skinny jeans
3. Franchise local
4. Social networking
5. Mobile web

Karena fenomena yang diminta berada dalam millennium ini berarti cakupannya adalah seratus tahun, atau satu abad ke belakang. Menurut kami fenomena di atas ini cukup hip dan bahkan menjadi lifestyle bagi banyak orang.


1. Healthy life style


Healthy lifestyle ini mulai merebak sekitar sepuluh tahun ke belakang. Mulainya gaya hidup baru ini salah satunya ditandai dengan kegandrungan orang untuk mengonsumsi makanan serba organic. Makanan organic ini contohnya saja adalah sayuran yang ditanam tanpa pestisida atau tambahan zat-zat lain yang biasanya digunakan untuk menyuburkan (pupuk). Konon sejak Perang Dunia II kualitas tanaman menurun. Mungkin ini ada kaitannya dengan zat-zat kimia yang dipergunakan semasa perang dan mengendap di tanah. Intinya adalah para penganut lifestyle ini berusaha untuk meningkatkan kualitas hidupnya dengan mengonsumsi makanan organic atau bahkan menerpakan lebih jauh lagi prinsip healthy lifestyle tersebut.
Beberapa gaya hidup yang termasuk healthy-lifestyle-booming adalah:
Organic Food
Definisi makanan organic secara umum adalah makanan yang diproduksi tanpa penggunaan pupuk sintetis, pestisida, herbisida, hormon, antibiotic, atau organisme yang telah dimodifikasi secara genetis. Faktanya ukuran buah atau sayuran organic biasanya lebih kecil daripada sayur atau buah konvensional. Hal ini adalah konsekuensi tidak digunakannya pupuk atau pestisida.
Konsumen makanan organic percaya bahwa makanan organic lebih sehat 50 persen dibandingkan sayur atau buah-buahan yang ditanam tanpa pestisida.Mereka juga merasa lebih sehat setelah makan sayuran organic. Entah ini sugesti atau tidak, tetapi makanan yang ditanam tanpa tambahan zat lain memang lebih sehat tetapi seberapa sehatkah? Apa benar lebih sehat 50 persen, hal inilah yang masih menjadi pembicaraan hingga kini. Satu hal yang pasti, makanan organic memang lebih mahal.
Kegandrungan akan organic food ini akhirnya berpengaruh pada menjamurnya resto-resto yang menjual menu berbahan dasar organic. Orang akhirnya juga lebih banyak mengonsumsi sayur sehingga resto-resto vegetarian semakian banyak dan ramai karena pengunjungnya tidak hanya penganut Buddha atau vegetarian lainnya tetapi juga masyarakat awam yang mulai sadar akan kesehatan.

Organic Lifestyle
Orang-orang mulai membatasi pengeluarannya agar dapat membeli makanan organic untuk keluarga mereka. Ada pula orang yang membangun rumah eco-friendly dan menolak menggunakan sesuatu yang tidak natural based. Banyak produk elektronik yang menjual produknya lewat isu ramah lingkungan dan lain-lain.
.

2. Skinny jeans


Skinny jeans dikenal dengan banyak nama, mulai dari pencil jeans, drainpipe jeans, skinnies,stovepipes,cigarettespipes, sampai skinny pants. Skinny jeans sendiri sebenarnya bukan hal baru dalam dunia fashion. Tahun 1950an Elvis Presley memakai drainpipe jeans. Jeansnya saat itu mirip dengan skinny jeans saat ini hanya bagian pingganya lebih tinggi. Selebritis lain seperti Marilyn Monroe juga menggunakan celana yang sangat langsing di bagian pergelangan kakinya. Dengan hadirnya music rock and roll yang dipopulerkan oleh Elvis, drainpipe menjadi image seorang bad boy. Tahun 1960an The Beatles dan The Rolling stnes juga diketahui memakai celana jenis ini.

Awal 70an glam rock band Teddy boy memakai drainpipe jeans yang membuat mereka kontras di antara para hippies yang memakai celana lebar berjumbai. Red tartan drainpipe jeans juga sangat populer di akhir tahun 70an dan dipakai oleh banyak band seperti The Clash and Ramones.
Tahun 80an band rock Poison memakai acid wash drainpipe jeans. Ahir 80an dan awal 90 banyak band metal seperti Kiss dan Bon Jovi tidak memakai celana berbahan spandex lagi dan memakai jeans yangketat mengikuti bentuk tubuh.Artis pop seperti Michael Jackson juga diketahui memakai celana jenis ini era 80an.

Namun dengan meningkatnya music grunge dan hip hop di awal 90, skinny jeans mulai dilupakan.
Awal 2000, skinny jeans skembali menjadi pilihan setelah indie band The Strokes memakainya. Kate Moss juga tercatat mengenalkan skinny jeans kepada perempuan. Belakangan lebih banyak mainstream indiepop dan indierock seperti Kaisar Chiefs, Arctic Monkeys, Kasabian, yang meningkatkan popularitas skinny jeans di mata pria.
Skinny jeans tahun 200an ini mewabah demikian dahsyatnya hingga hampir mustahil kita berjalan-jalan dan bertemu kaum muda yang tidak mengenakan skinny jeans. Jeans yang awalnya dipakai untuk merasakan aura old metal kini seolah menjadi celana wajib. Bahkan skinny jeans ini juga dibuat untuk ukuran anak-anak!
Tidak hanya wanita yang terkena tren ini, pria pun juga. Selebritis laki-laki kita hampir semuanya memakai celana jenis ini. Bahkan beberapa skateboarders memilih jeans ini sejak keelastisannya tidak mempengaruhi gerakan. Skinny jeans juga dipilih oleh para bikers BMX.
Saat ini skinny jeans muncul dalam berbagai motif dan warna. Mungkin masih segar di ingatan kita ketika setahun lalu skinny jeans aneka warna mewabah. Skinny jeans biasanya dipakai dengan ballerina shoes atau flat shoes. Skinny jeans yang muncul di era ini memiliki garis pinggang yang rendah hingga ke pinggul. Adanya skinny jeans juga mempengaruhi munculnya trend leg-fitted lain yaitu legging.



3. Franchise local


Menjamurnya franchise local tak lepas dari cara franchise tersebut memposisikan dirinya. Cukup banyak franchise local yang memposisikan dirinya seperti merek asing atau men-treat konsumennya dengan pelayanan prima bak franchise internasional. Papa Ron’s Pizza, JCo Donuts, Klenger Burger, adalah franchise lokal yang menjadi favorit masyarakat. Di sisi lain juga ada Cole, Edward Forrer yang tak kalah menginternasionalkan dirinya. Menjamurnya franchise local juga tak lepas dari kultur masyarakat sekarang yang mulai bisa menghargai kualitas, tak sekedar brand saja.



4. Social networking (facebook)
Kurang dari 10 tahun yang lalu tren social networking mulai muncul. Yang paling beken saat itu adalah friendster. Di mana-mana orang sibuk berkata ‘testi aku ya’, menunjukkan bahwa kolom testimonial menjadi keunggulan utama friendster. Namun dua tahun belakangan ini tren friendster di Indonesia mulai luntur digantikan media social networking lain yaitu facebook. Ditemukan oleh seorang mahasisawa Harvard University yaitu Mark Zuckerberg, facebook segera menjadi situs social networking papan atas di Indonesia dan juga di dunia.
Keunggulan facebook seperti juga social networking lainnya adalah kemampuannya untuk menghubungkan satu orang dengan lainnya, bahkan yang berdomisili jauh dari kita, dengan mudah dan murah. Alasan facebook bisa sukses papar Mark adalah: “Sederhana. Semua orang suka berkomunikasi dengan para sahabat dan orang-orang di sekitar mereka. Kami tahu itu, dan menyediakan sarana untuk memudahkan orang saling bertukar informasi, foto, video, atau kegiatan mereka. Namun, semua hanya terwujud jika hubungan antarmereka nyata, bukan imajinasi. Ini yang membedakan Facebook dengan situs-situs sejenis lainnya.”



5. Mobile web
Internet beberapa tahun silam masih berupa new media yang tidak semua orang bisa mengoperasikannya. Internet adalah teknologi mahal, di mana penggunanya adalah para eksekutif atau kalangan atas yang membutuhkan internet untuk menunjang pekerjaannya. Namun saat ini, siapa yang tidak kenal internet? Bahkan anak usia remaja pun menggunakannya untuk bersosialisasi lewat situs social networking mereka. Dengan semakin meningkatnya demand akan internet dan semakin murahnya biaya, terciptalah teknologi baru mobile web. Internet saat ini tidak hanya bisa diakses lewat warnet, lewat PC di rumah, atau laptop. Telepon genggam pun semakin canggih dan bisa memfasilitasi kita untuk berhubungan dengan dunia maya. Para eksekutif atau pekerja kantoran sibuk yang membutuhkan akses internet 24 jam dimudahkan dengan teknologi mobile web ini terutama dengan adanya blackberry. Teknologi mobile web juga menyentuh para remaja yang senang menunjukkan eksistensi diri lewat situs jejaring social. Update status kini semakin mudah lewat handphone.
Teknologi mobile web ini juga memunculkan adanya modem internet. Internet yang biasanya lewat telepon rumah, kini bisa disajikan dalam bentuk seukuran flash disk. Hal ini memungkinkan orang untuk mengakses internet lewat laptopnya di mana saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar