Kamis, 10 September 2009

BAB I strategic Planning bakso Mlang Kota 'Cak Eko'

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Bisnis makanan adalah bisnis yang termasuk kategori long lasting. Dikatakan demikian karena manusia selalu membutuhkan makanan, seperti halnya membutuhkan sandang dan papan. Walaupun ‘kue’ yang tersedia dalam pasar cukup besar, tetapi pemain dalam bidang ini juga banyak.
Bakso Malang Kota ‘Cak Eko’ adalah salah satu pemain dalam ‘kue’ bisnis makanan di Indonesia. Sejak tahun 2006 Henky Eko Sriyantono mendirikan waralaba Bakso Malang Kota "Cak Eko". Dua tahun setelahnya tepatnya November 2008 waralaba tersebut telah berkembang menjadi 87 cabang di seluruh Indonesia. Saat ini cabang tersebut telah menembus angka 100 cabang. Menurut Cak Eko, begitu Henky Eko Sriyantono biasa disapa, banyaknya penggemar Bakso Malang Kota "Cak Eko"karena bakso malangnya memiliki banyak keunggulan antara lain dari rasa kuah dan varian isinya yang berbeda dengan kebanyakan bakso malang lain.
Berbeda dari warung bakso kebanyakan, Bakso Malang Kota ini menerapkan system franchise atau waralaba. Selain itu di setiap kedai baksonya tidak hanya menyediakan bakso tetapi juga beberapa jenis makanan lokal lainnya seperti rawon. Contohnya cabang di Serang yang menyediakan menu khusus yang tidak terdapat di cabang lain, seperti paket ayam goreng dan tempe mendoan. Menu spesial ini untuk menyiasati pengunjung yang menginginkan menu lain.
Keunggulan lain dari franchise Bakso Malang kota "Cak Eko" adalah sistem pengelolahannya yang mudah, transfer sistem operasional, pelaporan administrasi, SDM dan marketing yang mempermudah franchisee dalam mengolah bisnisnya, dan juga diberikannya pelatihan kepada karyawan di manajemen Bakso Malang Kota. Cak Eko juga menerapkan standar seperti warna oranye dan hijau yang digunakan sebagai acuan dalam semua kedai Bakso Malang Kota “Cak Eko”. Selain itu kerjasama yang baik dengan pihak franchisor, serta komitmen yang kuat dalam menjaga kualitas pelayanan sebagaimana telah diatur dalam Standar Operasional dan Prosedur yang ada juga mendukung eksistensi "Cak Eko”. Eksistensi Bakso Malang Kota ini juga muncul lewat internet melalui akun social networking facebook serta blog.
Cak Eko tahun 2008 lalu dinobatkan sebagai Young Entrepreneur Award. Menurut Executive Director of Ciputra Entrepreneur Program Margiman yang didaulat sebagai salah satu anggota tim juri YEA 2008, Eko pantas menyandang gelar pemenang karena sistem marketingnya sangat inovatif.
Setelah suskses dengan waralabanya di Indonesia, Eko berencana untuk membuka cabang Bakso malang Kota di Singapura dan California, AS. Dikutip dari www.alumniits.com ia berkata, "Saya bermimpi Bakso Malang "Cak Eko" bisa jadi McDonald-nya Indonesia. Makanya saya mau buka cabang bakso dalam waktu dekat ke Singapura dan California.”

1.1.2 Analisis SWOT
Berdasarkan uraian di atas kita dapat menganalisis SWOT (Strength, Weakness, Oppurtunity, Threats) Bakso Malang Kota “Cak Eko” sebagai berikut.

a. Strength
1. Kelezatan rasa bakso
2. Sistem franchise yang digunakan oleh kedai bakso. Dengan menggunakan sistem franchise atau waralaba memungkinkan ruang lingkup kedai ini semakin luas hingga menjangkau ke daerah-daerah.
3. Sistem pelatihan kepada karyawan baru membuat cita rasa bakso tetap terjaga
4. Menerapkan variasi menu dalam kedainya tanpa melupakan bakso sebagai menu andalan. Ini membuat konsumen yang sedang tidak ingin makan bakso misalnya, tetap makan di kedai bakso tersebut.

b. Weakness
1. Kami belum menemukan weakness dalam kasus ini

c. Opportunity
1. Kedai fast food mulai menjadi bagian dari hidup masyarakat Indonesia. Ini memudahkan Bakso Malang Kota untuk mendekat kepada konsumen.
2. Media baru atau internet menjadi media yang cukup efektif untuk memperkenalkan maupun mendekatkan diri pada konsumen, terutama kalangan muda.
3. Bakso adalah makanan yang disukai hampir semua kalangan di seluruh Indonesia.

d. Threats
1. Munculnya kompetitor sejenis

1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan data di atas maka dapat dirumuskan permasalahan yang ada :
1. Eko ingin membuat sebuah produk baru yaitu bakso instan
2. Waralaba bakso malang Kota “Cak Eko” ingin dikembangkan hingga taraf internasional

1.3 Batasan Masalah
Dari masalah-masalah yang telah dirumuskan maka diperlukan batasan-batasan dalam penulisan proposal ini. Batasan diperlukan karena keterbatasan waktu serta sumber daya yang ada.
1. Dalam makalah ini tidak akan dibahas mengenai asal mula eko menemukan strategi marketing usahanya tersebut
2. Dalam makalah ini tidak akan dibahas penyelesaina masalah yang tidak berkaitan dengan dunia desain.

1.4 Rumusan Masalah
Dari uraian di atas kita dapat merumuskan masalah menjadi : bagaimana merancang sebuah strategi planning yang tepat untuk mendukung usaha Bakso Kota malang “Cak Eko” menuju franchise bertaraf internasional?

1.5 Ruang Lingkup
a. Ruang Lingkup Studi
1. Pada perancangan ini akan menggunakan pendekatan ilmu komunikasi, desain komunikasi visual, psikologi serta marketing.
2. Target audiens utama adalah keluarga, tetapi tidak menutup konsumen dari segmen lain untuk masuk
3. Menentukan strategic planning yang tepat untuk diaplikasikan pada target audiens yang dimaksud
4. Ruang lingkupnya adalah internasional

b. Output
Dari output yang muncul nantinya diharapkan dapat mendukung strategic planning Bakso Malang Kota “Cak Eko” menuju franchise bertaraf internasional. Output tersebut berbentuk integrated media communication.

1.6 Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai adalah menyiapkan sebuah strategic planning yang tepat untuk mendukung Bakso Malang Kota “Cak Eko” menjadi sebuah franchise bertaraf internasional.

1.7 Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah dapat memberikan gambaran seperti apakah strategi planning yang tepat untuk mendukung sebuah franchise local menjadi franchise bertaraf internasional.

1.8 Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
Latar belakang pemilihan judul, masalah, ruang lingkup dan tujuan
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Mencakup teori dasar yang melatar belakangi konsep yang dibuat sehingga mendapatkan data yang valid untuk menghasilkan output yang diinginkan.
BAB III METODE PENELITIAN
Menguraikan studi eksisiting, keabsahan riset, data serta tahapan logika pikir dalam menyelesaikan konsep ini.

1 komentar:

  1. info bisnis online gan
    okeyprofits.com perusahaan online yg sudah banyak menguntungkan dan sya sudah membuktikannya, hanya modal 100 rb saya sdah untung 1 jutaan dlm 1 minggu.dengan merekrut org lain kita dpt bonus, perushaan memberikan keuntungan 2% perhari dari modal awal kita dan kontrak 100 hari
    ini kerja nyata semakin giat dan percya dri dlm meyakinkan orang lain tak da yg tak bisa. kerja keras hasil pun besar kerja malas tak da hasil.
    daftar grtais dr Url sya
    untuk info lanjut 082166643133

    BalasHapus